Bupati Nanang Ermanto Hadiri Kegiatan Acara Gertak Di Desa Ruguk Ketapang

0
32

Lampung SElatan, www.irvatv.com Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri acara Gerakan Serentak (Gertak) Tanam Bawang Merah yang bertempat di Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Jum’at (11/11/2022).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Tanaman Pangan , Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lampung Selatan sebagai bentuk intervensi inflasi harga pangan di Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lampung Selatan, Bibit Purwanto menjelaskan, kegiatan gerakan tanam bawang merah ini dilaksanakan sebagai upaya mengendalikan inflasi daerah yang didasari oleh Peraturan Menteri Keuangan nomor 134.07 tahun 2022 tentang belanja wajib penanganan dampak inflasi.

“Dan juga didasari peraturan daerah Nomor 8 tahun 2022, 6 Oktober 2022 tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022 serta Peraturan Bupati Lampung Selatan nomor 71 tahun 2022, 6 Oktober 2022 tentang penjabaran perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022,” jelasnya.

Bibit Purwanto juga mengatakan, gerakan serentak tanam bawang merah ini merupakan bagian dari kegiatan pengendalian inflasi daerah, berupa pengembangan bawang merah seluas 5 hektar untuk dua poktan di Kecamatan Ketapang.

“Pengembangan cabai merah keriting seluas 6 hektar untuk 3 poktan di kecamatan Way Sulan dan Ketapang dan pengembangan cabai merah dalam polybag sebanyak 6.800 polybag untuk masing-masing 4 Kelompok Wanita Tani (KWT) di 17 Kecamatan,” ujar Bibit Purwanto.

Lebih lanjut, ia menyatakan, kegiatan gerakan serentak tanam bawang merah dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022.

“Berdasarkan angka tetap Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Lampung tahun 2021, bahwa potensi bawang merah di Kabupaten Lampung Selatan sebesar 8.000 kuintal, terbesar di Kecamatan Ketapang, Penengahan dan Way Panji. Produksi bawang merah provinsi Lampung sebesar 17.618 kuintal dan Lampung Selatan nomor urut 1,” ucapnya.(lmhr/nsy)

LEAVE A REPLY