Resmikan Sanggar Seni, Winarni Harap Kesenian di Lamsel Berkembang dan Terjaga Kelestariannya

0
30

Lampung selatan,www.irvatv.com Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Selatan resmikan Sanggar Seni Jaha Budaya, Senin (10/8/2020).

Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Lampung Hj. Winarni Nanang Ermanto meresmikan Sanggar Seni Jaha Budaya di Desa Siring Jaha Kecamatan Sidomulyo.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin, Camat Sidomulyo Rendi Eko, Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata Lampung Selatan Ponimin, para tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda dan tokoh Agama setempat.

Sanggar Seni Jaha Budaya yang dibangun dengan Dana Desa (DD) Tahun 2020, dikelola oleh Esti Widodo yang juga Ketua BPD Desa Siring Jaha.

Rendi Irawan Camat Sidomulyo mengatakan, “alhamdulillah, sanggar seni budaya ini dapat diresmikan oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami terutama warga Desa Siring Jaha”, kata Rendi.

“Ini salah satu dukungan dan support dari Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan”, ujar Rendi.

Dalam arahannya Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan mengatakan, “saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Desa Siring Jaha, ini merupakan suatu terobosan dan dapat menjadi contoh bagi Desa-desa yang lainnya”, katanya.

“Saya optimis Sanggar Jaha Budaya ini, akan berkembang dan memberikan dampak positif bagi para penggiat seni yang ada di Lampung Selatan khususnya di Desa Siring Jaha Kecamatan Sidomulyo. Karena selain sebagai wadah kreativitas para penggiat seni, sanggar budaya juga merupakan wahana tempat berkumpulnya generasi muda untuk berkarya dan menghidupkan kembali sekaligus melestarikan kesenian tradisional lokal yang akhir-akhir ini eksistensinya semakin memudar tergerus oleh seni budaya asing”, ujar Winarni.

“Kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, saya meminta agar dapat melakukan pembinaan kepada sanggar-sanggar budaya yang ada di Kabupaten yang kita cintai ini. Karena dengan pembinaan yang berkelanjutan, ke depannya sanggar budaya ini akan dapat melahirkan para seniman dan generasi yang mumpuni dalam bidang Seni dan Budaya. Sehingga seni budaya yang ada Lampung Selatan dapat berkembang dan terjaga kelestariannya”, tandas Winarni.

“Dengan berdirinya sanggar budaya di Desa Siring Jaha ini, diharapkan akan menjadi model percontohan bagi desa lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan untuk dapat membentuk dan mendirikan sanggar-sanggar seni lainnya. Semakin banyak bermunculan sanggar seni budaya, maka akan berdampak positif bagi masyarakat terutama para generasi mudanya. Dengan adanya sanggar seni di desanya para pemuda- pemudai dapat belajar berbagai macam kesenian, baik tari maupun seni lainnya”, pungkas Winarni.

Selain itu Winarni juga menyempatkan diri mengunjungi Kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunda Mandiri Desa Siring Jaha Kecamatan Sidomulyo. (KMF)

LEAVE A REPLY